PRAKTIKUM PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
A. Pemrograman
Memberikan intruksi kepada computer agar dapat bekerja
seperti yang kita kehendaki.
ü Yang ‘dipahami’ atau dijalankan computer : data dan
intruksi dalam bentuk biner ( rangkaian bit-bit bernlai 0 atau 1)
ü Yang dipahami manusia : logika, aritmatika,
algoritma, konsep, model, dsb.
Untuk menjembatani, dibuatlah bahasa pemrograman, yang
menerjemahkan dari apan uang dikehendaki / dimenerti manusia menjadi intruksi
mesin computer.
Klasifkasi Pemrograman Berdasarkan
Tingkat
Berdasarkan tingkat kedekatannya dengan bahasa mesin dan
manusia, diklasifikasikan menjadi :
1.
Bahasa tingkat rendah, memetakan setiap
intruksi dari kode sumber kedalam satu intruksi bahasa mesin. Biasa disebut
juga dengan bahasa assembly. Untuk dapat memrogram dalam bahasa assembly,
diperlukan pengetahuan yang benar tentang perangkat keras, representasi data,
cara kerja pemrosesan, dan intruksi-intruksi mesin computer.
2.
Bahasa tingkat tinggi, memiliki
kedekatan dengan bahasa dan cara berpikir manusia. Contoh bahasa PASCAL.
3.
Bahasa tingkat menengah,di antara kedua
tingkatan diatas. Contoh : bahasa C.
B. Cara
Kerja
Penerjemah dari kode sumber dalam bahasa tingkat tinggi
kedalam intruksi mesin dilakukan dengan 2 macam cara, yaitu komilasi dan
interpretasi.
1. Kompilasi, merupakan
penerjemah keseluruhan kode sumber menjadi kode biner, yang
selanjutnya dieksekusi oleh mesin/ computer
2. Interpretasi, merupaka
penerjemah baris per bariskode sumber kedalam intruksi computer yang
bersesuaian.
C. Pengantar
Teori Bahasa
Bahas Pemrograman modern dikembangkan dengan menggunakan
teori bahasa, sehingga memiliki sifat sifat yang analogis dengan bahasa
manusia. Bahasa memiliki grammaa(tata bahasa), yang tersusun atas
berbagai aturan produksi.
Sebagai contoh, dalam tata bahasa Indonesia, terdapat aturan
sbb:
·
Setiap naskah terdiri atas satu /
beberapa paragraph
·
Setiap paragraph teridiri atas
satu/lebih kalimat
·
Detiap kalimat tersusun atas
Subjek,Predikat, Objek dan keterangan
·
Subjek dan ojek dalam kalimat merupakan
frase data
·
Frase benda dapat tersusun atas satu
benda atau kombinasi kata benda dan sifat dengan susunan M-D
·
Predikat merupakan frase kerja atau
sifat
·
Dst
Dalam bahasa pemrograman, aturan produksi biasa dinyatakan
dalam bentuk regular expression.
D. Dasar
Turbo C
C merupakan bahasa yang biasa dipakai untuk keprluan
pemrograman system, antara lain untuk membuat : assembler, interpreter, program
paket, system operasi, editor, compiler, program bantu(utility). Dalam beberapa
literature, C digolongkan sebagai bahasa aras menengah (Medium level language)
E. Pembuatan
Program
Secara umum, tahapan utama pembuatan program C meliputi
kegiatan berikut:
1. Menulis Program
2. Mengkompilasi Program
3. Menguji program
4. Menyimpan program
F. Dasar
Pemrograman
1. Penegnal / identifier (
a...z, A..Z/0..9/0..9, A..F,a..f,garis bawah _)
2. Tipe data dasar (bil bulat,
bil real, karakter, tak bertipe) seperti : char, int, float, double, void)
3. Variable
4. Operator
·
Aritmatika (operator binary : + -
/ * DIV, MOD, dan operator unary : + -)
·
Logika/Boolean (AND, OR, NOT, XOR)
·
Relasional (=> < > =< )
5. Ungkapan / ekspresi
G. Praktek
1. Klik start à
Program à
Turbo C++
2. Tunggu sampai jendela editor
turbo muncul.
3. Untuk memulai program
sederhana, tuliskan program dibawah ini
4. Untuk melihat hasilnya,
compile lalu run/debug
Keterangan:
Ø
Fungsi void main() merupakan titik awal dan
titik akhir eksekusi program
Ø
Tanda {} merupakan awal dan akhir pembuatan
program
Ø
Fungsi cout adalah untuk mengeluarkan suatu
perintah dalam program ke layar
Ø
#include merupakan salah satu jenis
pengarah praprosessor dipakai untuk membaca file yang dinamakan file-judul
5. Simpan program yang relah
dibuat dengan cara menu File à save / save as àkemudian save ke folder
yang anda inginkan.
6. Variable
Digunkan dalam program untuk menyimpan suatu nilai, dan
nilai yang ada padanya dapat diubah-ubah selama eksekusi program berlangsung.
a)
Mendeklarasikan variable
Variable yang akan digunakan dalam program haruslah
didedklarasikan terlebih dahulu artinya memesan memori dan menentukan jenis
data yang bisa disimpan di dalamnya contoh
Int jumlah;
Float harga, total; (tanda koma sebagai pemisah variable)
b)
Memberikan variable
Yaitu untuk memberikan nilai ke variable yang telah
dideklarasikan.contoh:
Int jumlah=10; float harga=17.5, total=20;
7. Konstanta
Konstanta menyatkan nilai yang tetap. Berbeda dengan
variable, suatu konstanta tidak dideklarasikan. Namun seperti halnya variable,
konstanta juga mempunyai tipe.
8. Operator
Merupakan symbol atau karakter yang biasa dilibaykan dalam
program untuk melakukan sesuatu operasi atau manifulasi, seperti menjumlahkan
dua buah nilai, memberikan nilai ke suatu variable, membandingkan kesamaan dua
buah nilai. Contoh a+b.
9. Ungkapan
Ungkapan (ekspresi) dalam C dapat berupa : pengenal,
konstanta, variable. Contoh 3+2-1
Pada ungkapan diatas 3,2 dan 1 merupakan operand, sedangkan
+,- adalah operator dan nilai ungkapan adalah hasilnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar